Inilah Ciri-ciri Dan Karakteristik Kuda Appaloosa Yang Harus Kamu Ketahui

kuda appaloosa
kuda appaloosa

Terlihat kuda telah sekitar selama Milenium. Para arkeolog telah menemukan banyak gambar dari mereka yang digambarkan dalam lukisan dinding gua prasejarah di seluruh dunia kuno. Salah satu jenis seperti melihat kuda, yang Appaloosa, telah menangkap hati pecinta kuda selama berabad-abad, dengan disposisi yang menyenangkan, penampilan yang mencolok, dan kemampuan beradaptasi untuk berbagai penggunaan dan situasi. Namun demikian, ras telah menghadapi tantangan untuk keberadaannya karena perpindahan dan dispersi penduduk asli Amerika yang mengembangkannya. Peternak telah berjuang untuk melestarikan jenis tercinta, bagaimanapun, dan Appaloosa Horse Club-berkembang biak internasional Registry-didirikan pada 1938. Sejak itu, berkembang biak telah menjadi populer di seluruh Amerika Utara dan Eropa.

Sejarah dan asal-usul kuda appaloosa

The Appaloosa berkembang biak dikembangkan oleh suku Nez Perce dari Barat Laut AS, yang mengamati praktek pemuliaan ketat untuk menciptakan kuda yang berwarna-warni, tractable, dan cerdas. Nama trah ini kemungkinan berhubungan dengan tempat di mana Nez Perce dibesarkan dan menyimpan kuda yang tak diragukan lagi: daerah sungai Palouse. Kuda berwarna mencolok disebut sebagai “kuda Sungai Palouse,” yang akhirnya menjadi “Appaloosas.”

Asal-usul dari jejak saham Nez Perces ‘ sepanjang perjalanan kembali ke kuda Spanyol diperkenalkan ke Amerika pada abad ke-16. Sayangnya, trah ini hampir hilang pada akhir 1870-an, ketika pemerintah AS berupaya untuk mengambil alih wilayah Nez Perces. Anggota suku berusaha untuk melarikan diri dari perbatasan Kanada sambil membela harta milik mereka. Gagal menemukan tempat kudus di Kanada, mereka dipaksa untuk menyerah. Harta benda mereka disita, dan kuda mereka diambil atau disembelih.

Selama tahun depresi, bunga berkembang biak sekali lagi, dan beberapa kuda yang masih hidup digunakan untuk menciptakan fondasi dari berkembang biak. The Appaloosa Horse Club diciptakan pada 1938 dan telah mengetuai kebangkitan berkembang biak di tahun sejak, di mana Appaloosa Horse telah menjadi registri terbesar ketiga kuda berkembang biak di dunia.

Tipe tubuh

Tidak ada standar yang berkembang kuat ada untuk jenis tubuh, dan ada variasi yang luas di antara trah. Sering dikawinsilangkan dengan American Quarter Horses, banyak kuda appaloosa yang kekar jenis kuda sapi, sementara yang lain lebih bersemangat dan primitif.

Ukuran dan umur kuda appaloosa

Kuda Appaloosa biasanya berdiri antara 14,2 dan 15 tangan tinggi. Berat rata-rata berkisar dari 950 hingga 1.200 pound.

Sehat, mudah beradaptasi, dan kuat, berkembang biak memiliki umur rata-rata sekitar 30 tahun. Appaloosas menikmati kesehatan umum yang baik dan tidak rentan terhadap lameness. Mereka tidak memerlukan banyak di jalan perawatan khusus, tapi beberapa tindakan pencegahan membantu menjaga kuda ini sesehat mungkin. Misalnya, daerah yang terkena kulit terang (terutama pada moncong) harus dilindungi dari sengatan matahari dengan tabir surya kuda. Mata mereka cenderung air, sehingga masker lalat dapat membantu menjauhkan lalat dari daerah. Selain itu, mereka sedikit lebih rentan terhadap uveitis berulang daripada kebanyakan keturunan lainnya. Ini adalah infeksi saluran uveal mata, yang menyebabkan bengkak, kemerahan, dan memerah, dan dapat mengakibatkan kerusakan pada akhirnya retina jika tidak diobati.

Appaloosas yang membawa gen yang bertanggung jawab untuk pola tertentu terkadang lahir dengan kebutaan malam stasioner bawaan (CSNB). Menderita saat lahir, kuda semacam itu kurang visi malam. Dokter mata Veteriner dapat melakukan tes penglihatan electroretinogram (ERG) untuk memeriksa apakah seekor kuda memiliki kondisi tersebut.

Menggunakan

Appaloosa modern adalah kuda serbaguna serba guna, digunakan untuk kesenangan dan jarak jauh naik Trail, bekerja ternak dan acara Rodeo, balap, dan banyak lainnya Barat dan Inggris olahraga Berkuda . The Nez Perce digunakan mereka untuk transportasi, berburu, dan pertempuran. Ini adalah kuda yang ramah dan lembut yang kesetiaan membuatnya menjadi pendamping yang sangat berharga dan menyenangkan.

Warna dan tanda

Warna dasar Appaloosa dapat merah Roan, Roan biru, Teluk Roan, abu-abu, Palomino, kastanye, cremello/perlino, grulla, Dun, Buckskin, hitam, coklat, Teluk gelap, atau Teluk. Warna dan pola wajah termasuk botak, api, snip, Stripe, dan bintang. Di kaki, Anda mungkin menemukan belut, pastern, pergelangan kaki, setengah-pastern, Coronet, stoking, setengah stoking, dan tanda Petir.

Kulit Appaloosa berbintik, dengan bercak pigmentasi putih dan gelap yang memberikan penampilan dari splotches. Tanda ini terjadi di seluruh tubuh dalam beberapa pola yang berbeda, tergantung pada genetik kuda itu. Registri mengenali beberapa pola mantel yang berbeda:

  • Pola selimut: The paha semua putih, atau yang berbintik-bintik dengan bintik putih atau gelap.
  • Pola macan tutul: tubuh terutama berwarna putih, dengan bintik macan tutul gelap.
    Kepingan salju: tubuh gelap dengan flek putih, terutama di atas menghilit.
  • Marbleized: rambut putih dan gelap berbaur untuk menciptakan penampilan berbintik-bintik. Frost-White rambut membuat flek seluruh warna mantel gelap.

Padat berwarna kuda Appaloosa mungkin “lampiran terdaftar” karena mereka dapat membawa gen untuk pola mantel tetapi tidak menunjukkan bahwa pola tertentu sendiri.

Para manes dan ekor yang paling appaloosas sangat jarang. Daerah berambut tipis dari tubuh seperti moncong yang berbintik-bintik, dan kuku sering bergaris-garis putih dan gelap.

Karakteristik unik dari kuda Appaloosa

Appaloosa dikenal dengan mantel yang eye-catching, tentu saja, yang juga disebut sebagai “berwarna Parti.” Kekerasan dan kelincahan terutama sifat dihargai, bersama dengan alam yang sangat setia dan sikap lembut.

Striping pada kuku kuda ini adalah tidak biasa di antara keturunan. Ini berjalan secara vertikal, dengan pola yang berbeda dan bergantian dari gelap dan terang pada setiap kuku.

Kombinasi potensial warna dasar, bercak, surai, ekor, dan pewarnaan kuku dan pola yang hampir tak terbatas, memberikan setiap individu Appaloosa penampilan yang berbeda seperti yang lain.

The Appaloosa sclera-bagian putih dari mata yang mengelilingi iris-terlihat, karakteristik tidak melihat dalam keturunan kuda lainnya.

Juara dan selebriti Appaloosa Horse Horses

Salah satu pondasi yang lebih penting kuda adalah elang merah. Dia sebenarnya bagian Arab, seperti yang umum untuk berkembang biak untuk keturunan kuda cahaya lain dalam upaya untuk memulihkan Appaloosa berkembang biak. Red Eagle ditemukan di banyak silsilahappaloosa s hari ini.

Sundance F500 adalah seekor macan tutul yang berbintik di dalam 1933. Keturunannya terus menunjukkan pola mantel yang indah. Silsilah Sundance mengandung kuda dari perkembangbiakan dan penangkaran Mustang.

Knobby adalah yg dari Toby line dari appaloosas dan diakui sebagai Yayasan Sire. Kawanan peternak tidak terpengaruh oleh penyitaan pemerintah AS, sehingga ia adalah kontributor penting dari saham pondasi untuk berkembang biak.

Apakah Appaloosa Horse tepat untuk Anda?

Ini berkembang biak lembut adalah pilihan yang baik untuk awal equestrians dan bagi siapa pun yang ingin pendamping setia. Ini adalah kuda pemeliharaan rendah yang sama bahagia dalam kesehatan di gudang atau kios seperti di padang rumput.