Inilah Ciri-ciri Dan Karakteristik Kuda Akhal-Teke Yang Harus Kamu Ketahui

kuda Akhal-Teke
kuda Akhal-Teke

Sebuah foto kuda yang baru-baru ini pergi virus adalah tertulis “kuda yang paling indah di dunia.” Kecantikan, tentu saja, adalah subjektif-dan apakah teks ini berdering benar untuk Anda tergantung pada apakah Anda mengagumi kuda Akhal-Teke.

Dikenal sebagai “hadiah dari padang pasir,” trah ini dikembangkan untuk ketahanan dan kecepatan. Beberapa equestrians menemukan trah terlalu weedy, dengan konformasi yang tidak memenuhi standar kuda Berkuda yang baik. Lain menganggap mereka sepotong seni dunia kuda-elegan dan anggun dalam penampilan dan langkah. Apa pun pendapat Anda, Akhal Teke adalah salah satu yang paling langka, paling eksotis ras berukuran penuh di dunia, dan semakin populer. Sampai baru-baru ini, mereka tidak diketahui di luar tanah air asli mereka di Turkmenistan. Sekarang, bagaimanapun, diperkirakan 3.500 Akhal Teke kuda ada di seluruh dunia, dengan beberapa ratus di Amerika Utara saja.

Sejarah dan asal-usul

Akhal-Teke adalah jenis kuno, mungkin berasal dari beberapa nenek moyang yang sama seperti yang lebih terkenal berdarah panas berkembang biak, Arab. Ini dikembangkan di gurun Kara Kum yang mencakup sebagian besar negara Turkmenistan, di mana kuda ini harus mentolerir air jarang dan pasokan makanan serta ekstrem panas dan dingin. Akhal-Tekes hidup dekat dengan manusia nomaden mereka, masing-masing menjadi penting untuk kelangsungan hidup orang lain.

Peternakan perkembangbiakan resmi pertama Akhal-Tekes dimulai di Rusia, yang bergabung dengan Turkmenistan pada akhir 1880-an. Ketelitian diperkenalkan ke dalam garis keturunan dengan maksud untuk meningkatkan ras, tetapi upaya itu tidak berhasil.

Minat dalam hal ini berkembang biak (dan dalam menunggang kuda pada umumnya) berkurang selama gejolak yang menandai awal masa Rusia Soviet, dan angka menyusut. Dengan lingkungan pasar bebas dari beberapa dekade terakhir, bagaimanapun, lebih Akhal-Tekes sedang dibeli dan dibesarkan dalam peningkatan jumlah negara.

Nama trah ini mengacu pada asal-usul dan peternak. Akhal adalah sebuah oase di pegunungan DAG; Para pejuang Turkmen yang menarik kuda disebut Akhal-Teke. Kerabat terdekat jenis ini dikenal sebagai Massaget, Parthian, Nisean, dan Turkmene.

Tipe tubuh

Akhal-Teke secara khas bertulang halus dan berotot. Tubuhnya-dengan laras tipis dan dada yang dalam-sering dibandingkan dengan Greyhound atau Cheetah. Profil wajah adalah datar atau sedikit cembung, meskipun beberapa tampaknya rusa-hidung Nosed. Dapat memiliki hampir berkerudung atau mata berbentuk almond. Ini memiliki panjang, telinga ramping, punggung panjang, bahu miring, croup datar, dan panjang, set tinggi pada leher yang dapat muncul terbalik dibandingkan dengan sebagian besar keturunan lainnya. Surai dan ekor cenderung jarang dan berambut halus, dan mungkin tidak ada forelock. Secara keseluruhan, kuda yang elegan ini memberikan penampilan raciness dan kurus Endurance. Bahkan, menjadi tebal-set atau sangat naga dianggap sebagai kesalahan.

Ukuran dan umur

Akhal-Teke adalah kuda tinggi, biasanya berdiri antara 14,2 dan 16,3 HH, dan beratnya antara 900 dan 1.000 pound. Angka harapan hidup sekitar 20 tahun.

Akhal-Teke adalah agak erat dibesarkan dan agak kurang dalam Keragaman genetik. Hal ini membuat trah ini rentan terhadap sejumlah masalah kesehatan yang dilakukan secara genetik, seperti:

  • Malformasi vertebralis serviks (CVM): ini juga dikenal sebagai sindrom Wobbler.
  • Cryptorchidism: ini adalah tidak adanya satu atau kedua testis dalam skrotum, membuat neutering lebih sulit dan terkadang menyebabkan masalah kesehatan dan perilaku.
  • Naked foal Syndrome: hal ini menyebabkan anak kuda untuk lahir berbulu, dengan kelainan gigi dan rahang, dan kecenderungan untuk mengembangkan masalah lain dengan pencernaan, rasa sakit, dan banyak lagi.

Menggunakan

Akhal-Tekes awalnya digunakan oleh orang nomaden dari Turkmenistan untuk pengangkutan; kecepatan dan daya tahan mereka dihargai selama penggerebekan. Saat ini, mereka digunakan untuk Dressage, menunjukkan melompat, balap jarak jauh, dan kesenangan Berkuda. Di Rusia zaman modern, Akhal-Teke adalah simbol status, menandakan kekayaan dan kedudukan.

Karakteristik positif berkembang biak melalui dunia pacuan kuda. Lebih dari 200 Akhal-Tekes yang dikapalkan ke Inggris pada abad ke-17 dan ke-18 untuk berkembang biak. Gen dari sekitar 15 persen dari mereka berkontribusi terhadap makeup hari ini kuda balap.

Warna dan tanda

Akhal-Tekes adalah berkulit tipis, dan mantel mereka sangat halus. Banyak membawa gen untuk pengenceran krim-yang dapat mengakibatkan Palomino, cremello, dan mantel perlino warna. Beberapa kuda bahkan memiliki mata biru pucat. Semua warna dan pola diterima dalam registri berkembang biak.

Karakteristik unik

Salah satu karakteristik yang paling khas dari Akhal-Teke adalah kilauan logam brilian dari beberapa individu. Hal ini karena rambut mereka tidak memiliki pusat buram dari batang rambut kuda khas; mengambil ruang adalah medula, yang transparan dan bias cahaya, mengakibatkan cahaya yang dirayakan berkembang biak.

Kasih karunia mereka adalah legendaris di antara penggemar mereka, yang hadiah mereka untuk mereka yang halus, mengalir gaits. Temperamen Akhal-Teke juga penting. Loyalitas adalah sifat yang kuat; banyak pemilik mencirikan mereka sebagai sangat mengabdikan “satu orang” kuda. Sementara mereka cenderung sangat sensitif, mereka juga sangat bahkan-keahat dan sangat cerdas.

Dada dalam kuda ini, yang memungkinkan ruang yang cukup untuk ekspansi paru, memberikan daya tahan yang luar biasa. Pada 1935, sebuah Posse Turkmen mengendarai Akhal-Tekes mereka dari Ashgabat ke Moskwa — sebuah perjalanan 2.500 mil — dalam 84 hari; termasuk dalam perjalanan panjang adalah 235 mil dari gurun, yang mereka bahas dalam tiga hari tanpa air.

Juara dan Celebrity

Para Stallion Akhal-Teke, absen, memenangkan medali emas di Dressage individu di 1960 Roma Olympic Games. Pada akhir kariernya, ia memenangkan lima medali dalam tiga pertandingan Olimpiade dengan tiga pembalap yang berbeda.

Senetir adalah Akhal-Teke Stallion pertama untuk berdiri pejantan di Amerika. Ia wafat pada 1999.

Akhal-Teke adalah simbol nasional Turkmenistan dan muncul di lambang negara dan mata uang.

Apakah kuda Akhal-Teke tepat untuk Anda?

Ini adalah jenis yang sangat sulit, setelah disesuaikan dengan kondisi kasar umum untuk tanah airnya. Itu baik di hampir semua iklim. Sebuah perjalanan yang tenang, berkepala tingkat, Akhal-Teke selalu waspada tetapi tidak bertingkah, sehingga cocok untuk awal pengendara. Beberapa pemilik mengatakan kuda ini adalah anjing keluarga dari dunia kuda, menunjukkan kasih sayang yang besar dan lampiran.